Senin, 26 Desember 2016

Curriculum Vitae yang Baik Harus Menarik dan Efektif

Curriculumvitae yang baik harus menarik, tetapi tidak sekedar menarik. Curriculum vitae juga harus efektif.

Pada contoh berikut adalah sebuah curriculum vitae yang sudah menarik dalam design sederhana. Layout dari CV juga sudah baik dengan menempatkan informasi-informasi yang berisi selling point lebih tinggi di bagian awal atau di halaman pertama. Pemilihan font (Cambria 11) adalah salah satu unsur yang menyebabkan CV ini menjadi menarik. Beberapa kalimat dalam CV ini menggunakan warna orange, juga membuat CV ini jadi lebih menarik.
Jasa Penulisan Curriculum Vitae

Jasa Penulisan Curriculum Vitae

Dalam menampilkan skala keterampilan menggunakan grafik bar, berwarna orange, membuat CV ini semakin menarik dan nyaman dibaca.

Curriculum vitae yang sudah menarik dan nyaman dibaca ini akan di-make over lagi sehingga menjadi lebih menarik dan efektif dalam 1 halaman CV.

Mengubah curriculum vitae yang sudah menarik dengan tata letak informasi yang sudah tepat memiliki tantangan tersendiri. Kita harus bisa mengubah menjadi lebih menarik dengan tata letak informasi yang lebih efektif, dengan menggunakan font dan ukuran kertas yang sama.

Berikut hasil make over curriculum vitae :

Jasa Pembuatan CV

Penggunaan warna orange ditingkatkan lagi menjadi 50% backgroundCurriculum vitae diubah menjadi satu halaman dengan dua kolom. Satu kolom sebelah kiri menggunakan warna orange sebagai background, sehingga warna font diubah menjadi putih agar lebih nyaman dibaca.

Penggunaan grafik bar sebagai skala keterampilan dipertahankan, dengan sedikit perubahan pada panjang grafik agar cukup dan proporsional. Bila pada kolom kiri semua font menggunakan warnah putih, pada kolom sebelah kanan beberapa font menggunakan warna orange- sama persis dengan warna background kolom kiri.
Ukuran dan jenis font yang digunakan dipertahankan Cambria 11, kecuali nama yang menggunakan font Bernard Mt Condensed agar tampak lebih menarik.


Make over yang dilakukan pada curriculum vitae sengaja tidak menggunakan ornamen-ornamen baru untuk mempertahankan kesan kesederhanaan, namun menjadi lebih menarik dan lebih nyaman dibaca dengan hanya dalam satu halaman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.